Minggu, 20 Mei 2012

Unforgettable – Tentang Cinta yang Menunggu


By : Winna Efendi


Sedikit berbeda daripada novel Winna lainnya, novel ini bisa dibilang lebih berat sederhana.
Saya bilang ‘berat’ karena tata bahasa yang digunakan dalam penulisannya beberapa tingkat lebih berat daripada karya lainnya yang sudah saya baca. Novel berjudul Remember when contohnya, bahasa yang ringan membuat saya merasa benar-benar kembali ke masa SMA, mengalami cinta meletup-letup sepertia yang ia ceritakan disana. Atau novel karyanya yang berjudul Ai, mengisahkan percintaan yang berawal dari persahabatan, bahasa yang cukup sederhana tanpa menghilangkan gaya bahasanya sendiri, cukup menyihir saya dalam latar sebagai anak pantai yang dikisahkan di dalamnya.
Namun memang sedikit berbeda dengan karyanya yang berjudul unforgettable ini. Mengambil latar di sebuah  Wine House yang bernama Muse, hanya satu latar dengan kejadian yang berulang. Itulah mengapa saya menyebutnya sederhana. Tulisan karyanya ini mengisahkan tentang pertemuan, ketertarikan namun berakhir sebelum berawal. Seperti judulnya, Tentang Cinta yang Menunggu.
Awalnya memang saya sedikit kurang tertarik karena bahasa yang terlalu ‘sastra’ dan banyak istilah asing tentang Wine yang saya kurang pahami. Maklum saja, saya bukan penggemar Wine, jadi ya sudah sewajarnya saya tak mengenal istilah dan nama yang terkait dengan minuman fermentasi semacam Wine. Cukup menarik juga bagaimana Wine yang semakin tua (semakin lama disimpan) akan memiliki rasa yang semakin baik (katanya begitu). Setelah membaca dan membaca, oh my God… saya tak pernah menyangka kenapa si Winna Efendi ini bisa membuat cerita yang begitu romantis tragis. Ah, saya sampai menangis membacanya…


Tidak ada komentar: